Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

03#Tag Meta Deskripsi Penelusuran Blog_Fungsi Beserta Cara Mengaktifkan dan Membuatnya

Sahabat Blogger yang masih pemula banget, kali ini  akan Admin sampaikan tentang  teknik SEO Dasar Blogging, yaitu mengenai fungsi beserta cara mengatur menu setelan tag meta deskripsi penelusuran blog melalui dashboard blogger. Sebelum mengikuti panduan ini, pastikan Anda telah bikin deskripsi blog, seperti yang Admin sampaikan pada tutorial sebelumnya (baca: Cara Buat Deskripsi Blog), karena kalimat/ kata kunci yang digunakan untuk mengisi  deskripsi penelusuran harus terkait sama deskripsi blog. Oke, mari kita pahami fungsi beserta cara mengaktifkan  dan membuat tag  meta deskripsi penelusuran blog, di bawah ini.

A. Fungsi Pengaktifan Setelan Tag Meta dan Pembuatan Deskripsi Penelusuran

Mengenai manfaat pengaturan meta tag deskripsi penelusuran blog, sangatlah penting diketahui, karena ini merupakan trik dasar SEO (Search Engine Optimization) Blogger. Adapun fungsi mengaktifkan  dan membuat meta tag deskripsi blog, antara lain:

1. URL, Judul, dan keyword pada meta tag deskripsi blog lebih cepat terindex oleh mesin pencari Google

Sahabat , berikut ini merupakan contoh tampilan deskripsi yang Admin letakkan pada tag meta deskripsi penelusuran blog ini, yakni "MembuatBlog.com: Tutorial Blogging Lengkap untuk Blogger Pemula_Blog tentang cara membuat, optimasi, dan monetisasi blog", yang saat ini telah berhasil terdeteksi dan ditampilkan oleh mesin telusur Google. 
Apa Fungsi Tag Meta Deskripsi Penelusuran Blog
2. Memunculkan kotak deskripsi penelusuran di samping kanan papan postingan artikel

Jika menu tag meta dekripsi penelusuran blog tidak diaktifkan, maka ketika Anda akan membuat dan memposting artikel, Anda hanya menemukan setelan entri label, dipublikasikan pada, permalink, lokasi, dan opsi. Jadi, tidak mungkin tampil menu deskripsi penelusuran.

Namun, jika Anda sudah mengaktifkan dan mengisikan kalimat kunci penelusuran blog, maka kotak deskripsi penelusuran di sebelah kanan tempat postingan artikel sudah otomatis aktif dan muncul.

Nah, sesudah Anda tahu tentang pentingnya pengaktifan dan pembuatan tag meta deskripsi penelusuran blog, silakan Anda setting dengan cara seperti pada penjelasan point B, di bawah ini.

B. Cara Mengaktifkan dan Membuat Tag Meta Deskripsi Penelusuran Blog di Dasbor Blogger


1. Silakan masuk di https://www.blogger.com/  !

2. Tekan menu "Setelan"!

3. Scroll ke bawah, sampai ketemu submenu "Tag Meta" !

4. Klik icon Lingkaran yang berada di samping tulisan "Aktifkan deskripsi penelusuran" sampai lingkaran berwarna hijau !
Aktifkan deskripsi penelusuran
5. Klik tulisan "Deskripsi Penelusuran" !
Cara Membuat Deskripsi Penelusuran Blog
6. Isi deskripsi penelusuran, lalu klik Simpan !
Isi deskripsi penelusuran sesuai dengan topik blog Anda, kemudian klik Simpan
Catatan: panjang maksimal kalimat kunci yang digunakan sebagai deskripsi penelusuran adalah 150 karakter (termasuk spasi).

Contoh kalimat deskripsi penelusuran: Blog demo tutorial blogging (ini adalah contoh deskripsi penelusuran dari blog "Praktik Ngeblog")

7. Tag meta deskripsi blog berhasil  diaktifkan dan dibuat 
Contoh Tag Meta Deskripsi Penelusuran Blog
Setelah deskripsi dan tag metanya berhasil dibuat, kini Anda sudah bisa memulai membuat artikel perdana di blog Anda lewat dasbor blogger. Selamat membuat artikel, semoga blog Anda bisa cepat banyak pengunjungnya, bermanfaat, dan syukur bagi dapat menghasilkan uang nantinya.

Demikian tentang Fungsi Beserta Cara Mengaktifkan dan Membuat Tag Meta Deskripsi Penelusuran Blog. Jika ada yang kurang jelas, bisa didiskusikan melalui kolom komentar di bawah ini.

Posting Komentar untuk "03#Tag Meta Deskripsi Penelusuran Blog_Fungsi Beserta Cara Mengaktifkan dan Membuatnya"